4 Kesalahan Penyebutan Nama Pada Drum Set

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya ingin membahas mengenai 4 kesalahan penyebutan nama pada drum set. Drum Set yang kita mainkan terdiri dari beberapa bagian yang memiliki nama nya masing-masing.

Berdasarkan pengalaman pribadi, cukup banyak terjadi yang saya dengar langsung maupun mendapat cerita dari sesama drummer, beberapa orang melakukan kesalahan penyebutan nama pada bagian drum set tersebut.

 

Padahal nama pada bagian drum set, sudah memiliki nama “resmi” nya yang telah disepakati dalam dunia musik/drum. Umumnya ada 4 bagian dari drum set yang cukup sering disebutkan dengan nama yang salah. Jika nantinya ada dari kawan drummer yang masih menyebutkannya dengan nama yang salah, tentunya hal ini akan membingungkan kawan drummer sendiri, karena bisa menghambat proses belajar drum kita, mengingat sudah ada nama yang “resmi” yang telah saya bahas di atas.

 

 

1.      Snare Drum Menjadi Senar Drum

 Penyebutan snare menjadi senar merupakan hal yang paling sering yang saya dengar, nah tentunya hal ini kalau dibiasakan akan menghambat proses belajar drum, mengingat istilah senar juga digunakan di Indonesia sebagai penyebutan nama untuk bagian dari Gitar, Bass ataupun alat musik petik yang lainnya, sehingga akan menimbukan kesalahpahaman ketika kita berbincang atau belajar dengan sesama musisi lainnya.

 

 

 2.      Cymbal/Simbal Menjadi Piringan

Penyebutan cymbal/simbal menjadi piringan, beberapa kali saya pribadi pernah mendengar langsung, pada dasarnya bentuk dari simbal memang sekilas seperti piring dibalik, tetapi bukan berarti memiliki penyebutan nama yang sama. Tentunya selain akan menghambat proses belajar drum kita, ( contoh nya misalkan kita sedang les drum, lalu guru drum kita bilang “coba dipukul ride simbal nya” dan kita tau nya ride simbal itu adalah piringan, nah kita akan kebingungan donk, yang namanya ride simbal itu yang mana) kita pun bisa menjadi bahan tertawaan karena menggunakan istilah piringan.

 

3.      Beater Menjadi Pentungan

 Penyebutan beater menjadi pentungan memang hanya dua kali saya pernah  dengar langsung sendiri ketika berbincang-bincang dengan sesama drummer, tetapi bisa saja di luar sana masih ada yang salah meyebutkan nya dengan pentungan atau istilah lainnya. Beater merupakan alat pemukul bass drum yang tersambung dengan pedal drum, kalau misalkan suatu saat beater pedal kita rusak dan ingin mengganti nya dengan yang baru, jika kita masih menyebutkannya dengan pentungan, tentunya ketika pergi ke toko musik, istilah pentungan ini bisa jadi membuat karyawan toko musik yang kita kunjungi gagal paham dengan barang yang mau kita beli.  

 

4.      Bass Drum Menjadi Bass

 Penyebutan Bass Drum yang dipersingkat menjadi Bass saja pada dasarnya masih bisa dimaklumi, akan tetapi harus diingat ada yang namanya alat musik Bass, hal ini juga bisa membuat terjadinya kesalahpahaman, misalkan ketika kita sedang cek sound di panggung, kita meminta soundman nya untuk menaikkan sound dari bass drum, tetapi kita menyebutkan nya dengan bass, kemungkinan bisa saja malah soundman nya menaikkan sound dari bassist band kita.

 

 Sekian dulu ya artikel nya, semoga setelah membaca artikel ini  kawan drummer yang mungkin masih salah dalam menyebutkan nama pada bagian drum set nya, bisa mendapatkan pencerahan dan mulai membiasakan diri dengan menyebutkan nama pada bagian drum set yang kita mainkan dengan benar.

 

 

 

 

Ichsan Nugraha

 

 

 

Tekdung Drum

 

4 Kesalahan Penyebutan Nama Pada Drum Set

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>