Ototidak Vs Les: Mana Yang Lebih Cepat Berkembang?

Halo Kawan Drummer, selamat datang di tekdung.co.id kali ini saya membahas salah satu pertanyaan yang cukup sering saya dapatkan dari sesama drummer, yaitu “Lebih baik mana ya perkembangannya antara drummer yang otodidak atau yang les drum?” atau pertanyaan seperti ini “saya pengen belajar drum, lebih baik otodidak atau les saja ya?”.

Menjawab pertanyaan tersebut tentunya tiap orang akan memiliki pandangan, pendapat yang berbeda-beda, ada yang menyatakan les drum lebih bagus, ada yang menyatakan otodidak saja. Kalau menurut saya pribadi, jawaban nya adalah tergantung dari individu masing-masing.

Maksudnya adalah seberapa kuat keinginan kita, daya juang, kedisplinan, kesabaran kita dalam berlatih drum. Salah satu keuntungan dari les drum adalah jika kita mendapatkan guru drum yang baik dan berkompeten, tentunya kita bisa diberikan pengarahan yang baik, motivasi, tahapan-tahapan pelajaran yang jelas, kritik saran yang membangun.

Akan tetapi, jika semua ilmu, pengarahan yang diberikan oleh guru drum kita, dari diri masing-masing  kita tidak menjalankan sama sekali, latihan drum hanya ketika les drum saja tanpa dilatih kembali berulang di rumah/studio, tidak sabaran dan cepat menyerah dalam mempelajari sesuatu, bagaimana mau bisa berkembang skill drum nya??.

Keuntungan Otodidak menurut saya adalah hemat biaya, kita tidak perlu mengeluarkan uang les/kursus per bulan nya, cukup membuka youtube, dan mencari kata kunci tema pelajaran yang dicari, kita langsung disajikan dengan berbagai macam pilihan video yang bagus.

Akan tetapi lagi-lagi jika kita cuma sekedar mengagumi hal yang dilakukan oleh si pengajar youtube, tanpa ada nya usaha kita untuk berlatih sendiri di rumah/studio, bagaimana mau bisa berkembang skillnya??.

Memilih antara les drum atau otodidak saja, tergantung dari pilihan masing-masing drummer, drummer otodidak ataupun les, tidak bisa menjamin perkembangan skill drumming nya apakah akan pasti cepat berkembang atau tidak. Pilihlah mana yang terbaik untuk diri kita masing-masing, setelah itu yang menentukan adalah sejauh mana target yang ingin dicapai, keinginan, daya juang, kedisplinan, dan kesabaran kita dalam berlatih.

 

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

Ototidak Vs Les: Mana Yang Lebih Cepat Berkembang?

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>