Apa Sih Enaknya Les Drum?

Halo kawan Drummer, selamat datang di tekdung.co.id kali ini saya membahas mengenai enaknya les drum dan keuntungan yang kita bisa dapatkan. Les drum di sini memiliki pengertian kita belajar drum dengan seorang instruktur/guru drum baik itu di suatu lembaga pendidikan musik/sekolah musik maupun belajar privat.

Keuntungan dari les drum ini, tentunya kita bisa mendapatkan bimbingan dan arahan dari pengajar. Tetapi saya sarankan kepada kawan drummer, cari dan pilih instruktur/guru drum yang baik dan bagus.

Maksudnya adalah bukan sekedar baik saja orangnya hehe, tapi si pengajar mampu memberikan arahan yang benar, motivasi, kritik saran yang bagus untuk perkembangan belajar drum kita.

Dan tentunya si pengajar juga memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, bisa menjelaskan suatu materi yang diajarkan dengan jelas dan mudah dimengerti, serta harus wajib punya pengetahuan, pengalaman dan kemampuan bermain drum yang baik.

Sedikit berbagi cerita yang saya dapatkan dari kawan baik saya, dia les drum dengan seorang pengajar yang pada dasarnya seorang yang berkompeten dalam segi pengetahuan,  pengalaman, komunikasi dan skill drum yang tinggi.

Tetapi sangat disayangkan si pengajar drum kawan saya ini, terlalu cuek dengan perkembangan drumming muridnya. Meskipun si pengajar seorang yang berkompeten dalam bidangnya, cara mengajarnya adalah dengan memberikan partitur, mempraktekkan apa yang tertulis di partitur, memberikan pengarahan sebentar lalu keluar ruangan sampai waktu belajar sudah mau habis, baru dia masuk ke ruangan kembali.

Cara mengajar seperti ini, menurut saya tidak bisa diterapkan ke semua murid. Untuk murid yang memang sudah memiliki dasar drum yang baik, cara seperti itu bisa jadi tetap membawa manfaat kepada si murid.

Nah untuk kasus kawan saya ini, waktu itu dia belum memiliki dasar drum yang baik, dia belum mengetahui bagaimana cara teknik memegang stick yang aman untuk kesehatan tangan kita, apa saja pola sticking atau  jenis-jenis rudiment, teknik menginjak pedal, dan bahkan kawan saya ini juga belum paham membaca partitur drum.

Dan saya bilang ke kawan saya : “kenapa ga lo tanya aja?” dia menjawab “malu gw, kan tadinya gw pikir si pengajar harusnya yang lebih aktif donk, bagi gw seharusnya dia bisa mengukur kemampuan gw sudah sejauh apa”.

Saya tidak menyalahkan kawan saya, memang ada karakter orang yang cenderung malu untuk bertanya, sehingga diam saja dan menuruti semua materi yang diberikan, ngerti atau tidak, yang penting lakukan saja. Kawan saya itu akhirnya ketika belajar, hanya menghafalkan gerakan dan bunyi ketukan yang dimainkan oleh si pengajar, ketika disuruh praktek, dia bermain sambil membaca partitur seolah-olah dia mengerti dan bisa membacanya.

Oleh karena itulah, buat kawan drummer, coba cari dan pilih instruktur yang baik, bisa bertanya kepada orang lain, atau mencari video mengajar si calon instruktur, dan lain sebagainya.

Karena nantinya jika sudah menemukan instruktur yang baik, les drum akan sangat terasa menyenangkan, kawan drummer jadi mengerti tahapan-tahapan belajar drum, mendapatkan pengetahuan seputaran teknik dasar drum, mendapatkan kritik saran dan motivasi, dan jangan malu-malu bertanya ya kepada guru kita kalau ada yang tidak mengerti.

Rata-rata para pengajar drum jika kita bertanya, pasti mereka akan menjelaskan kok dengan senang hati, kita bisa berdiskusi mengenai drum, dan biasanya kalau kita sudah akrab dengan pengajar kita, tidak tertutup kemungkinan loh waktu les kita dilebihkan/ditambahin.

Kesimpulannya adalah yuk les drum bagi kawan drummer yang masih ragu-ragu, dan carilah instruktur yang baik dan bagus, nanti nya dijamin deh ga akan kebingungan lagi dalam belajar drum, kita jadi tahu apa yang harus dipelajari, bagaimana cara melatih suatu materi, dan kita jadi tahu apa kekurangan dan kelebihan kita, serta mendapatkan kritik saran dan motivasi dari pengajar.

 

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

Apa Sih Enaknya Les Drum?

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>