Apa Kata Chris Adler Tentang Bermain Drum

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya ingin membahas mengenai drum performance salah satu drummer favorit saya yaitu Chris Adler (Lamb of God) di Modern Drummer Festival di tahun 2005 lalu. Modern Drummer Festival merupakan salah satu Festival Drum yang bergengsi di dunia drum.

Festival drum ini diadakan oleh Majalah Drum Legendaris, yaitu Modern Drummer, festival ini sudah berlangsung lama dan yang sudah tampil diundang di festival ini adalah para drummer hebat yang memiliki keunikan tersendiri di permainan drum nya.

Chris Adler penjadi salah satu penampil di festival edisi tahun 2005 ini, dan banyak ilmu, pencerahan dan inspirasi yang bisa didapatkan dari beliau. Beliau menceritakan bagaimana awal permulaan menjadi drummer, dan cukup mengejutkan ternyata seorang Chris Adler baru belajar memainkan drum di usia 22/23 tahun. Wah tentunya hal ini membuktikan dong, kalau tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Di penampilannya, beliau mengajak adik nya Willie Adler ( Gitaris Lamb of God juga) untuk ikut bermain bersama. Di Lagu pertama duet kakak beradik ini membawakan salah satu lagu LOG yang terkenal, yaitu “Hourglass” dan mereka berdua sukses membawakan lagu tersebut dengan harmonisasi, feel, dan groove yang oke banget.

Ada di salah satu segmen yang menjadi favorit saya, yaitu ketika om Chris mengatakan bagi dia bermain drum itu bukan soal seberapa cepat tangan dan kaki kita mampu bermain, tetapi yang lebih penting adalah bermain drum itu bersenang-senang, menikmati drumming yang kita lakukan, karena bermain drum adalah memainkan apa yang kita BISA, bukan memainkan apa yang kita TIDAK BISA.

Saya sangat setuju dengan apa yang beliau katakan, dulu saya sering kali memaksakan diri memainkan suatu pattern drum yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, yang penting keliatan keren, dianggap jago hehehe. Tetapi sebenarnya saya tidak menikmati permainan drum sulit tersebut, saya sebenarnya belum mampu memainkan pattern tersebut, akurasi, feel dan lainya masih hancur lebur, tapi tetap memaksakan diri yang membuat saya tidak nyaman dan tidak senang dalam memainkan drum.

Oleh karena itulah, hal yang bisa saya petik dari perkataan beliau di atas adalah, skill drum akan berkembang seiiring dengan waktu dan latihan yang kita lakukan. Nikmatilah setiap proses pembelajaran drum, nikmatilah setiap ketukan drum yang dimainkan. Dan mainkanlah sesuai dengan kemampuan kita, jangan memaksakan suatu hal yang belum kita bisa, mainkanlah ketukan, fill in dll yang kita bisa dan kuasai terlebih dahulu, hal ini tentunya akan menimbulkan kesenangan dan kenikmatan di dalam bermain drum, dan bisa memotivasi kita untuk rajin latihan supaya lebih berkembang lagi skill kita, karena kita sudah tahu dan sadar betapa menyenangkan dan nikmatnya bermain drum.

 

Ichsan Nugraha

 

 

Tekdung Drum

Apa Kata Chris Adler Tentang Bermain Drum

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>