music-sheet-1326999_1920

Apa Saja Yang Dipelajari di Dalam Drum??

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini membahas mengenai hal apa saja yang kita pelajari di dalam drum.

Di dalam mempelajari instrument drum, cukup banyak hal yang harus kita pelajari dan kuasai agar bisa menjadi seorang drummer yang baik. Bahkan kalau kita mempunyai tujuan menjadi seorang drummer professional, hal yang akan dipelajari akan lebih banyak dan lebih mendalam lagi cakupannya.Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini membahas mengenai hal apa saja yang kita pelajari di dalam drum. Di dalam mempelajari instrument drum, cukup banyak hal yang harus kita pelajari dan kuasai agar bisa menjadi seorang drummer yang baik. Bahkan kalau kita mempunyai tujuan menjadi seorang drummer professional, hal yang akan dipelajari akan lebih banyak dan lebih mendalam lagi cakupannya.
Secara garis besar, hal yang harus kita pelajari tersebut adalah :

  1. Teknik Memegang Stick 
    Teknik memegang stick merupakan hal yang mendasar dan sangat penting perannya di dalam permainan drum kita. Teknik memegang stick ini dibagi dua yaitu Traditional Grip dan Matched Grip, dimana Matched Grip ini dibagi lagi menjadi dua metode ( German Grip dan French Grip, tetapi ada juga yang namanya American Grip namun secara resmi German Grip dan French Grip lah yang sering disebut). Teknik memegang stick ini juga tergantung dari pilihan dan selera dari masing-masing drummer, mana yang paling cocok dan nyaman untuk kita gunakan. Yang penting adalah tetap rileks ketika memegang stick untuk mencegah cedera nya tangan.
  2. Posisi Tubuh
    Posisi tubuh menjadi hal yang cukup sering terlewatkan ketika belajar drum. Usahakan posisi tubuh kita tegap tetapi rileks untuk mencegah cedera pada punggung kita, memang cukup banyak drummer hebat yang duduk agak bungkuk ketika bermain drum, tetapi tidak ada salahnya kita membiasakan diri dengan posisi duduk yang aman untuk tubuh kita.
  3. Teknik Memukul 
    Teknik memukul juga hal yang penting di dalam bermain drum, karena teknik memukul yang kurang baik bisa menyebabkan tone yang dihasilkan kurang maksimal dan beresiko membuat tangan cedera. Teknik memukul ini juga banyak variasi nya, seperti teknik Rim Shot, Rim Click, Moeller Technique, Gladstone Technique, Teknik Pukulan Ghost Note dan yang lainnya.  Masing-masing teknik tersebut memiliki kegunaannya masing-masing yang bisa membuat permainan drum kita semakin baik.
  4. Rudiment/Pola Sticking  

Rudiment artinya hal yang dasar, di dalam drum rudiment ini memiliki pengertian pola pukulan dasar yang kita terapkan di dalam bermain drum. Rudiment ini resminya ada 40 jenis pukulan, diantaranya yang popular adalah Single Stroke, Double Stroke, Paradiddle dan Flam. Rudiment ini harus kita latih terus menerus untuk mendapatkan akurasi yang baik, dan tentunya untuk diterapkan/dipakai di dalam bermain drum.

Advertisements

Sekian dulu artikel nya, artikel ini merupakan bagian pertama, nantikan bagian kedua dari artikel ini ya.

 

Ichsan Nugraha

Tekdung Drum

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi via Whatsapp