Ghost Note

Belajar Drum Pukulan Ghost Note

Tentang Pukulan Ghost Note

Halo kawan drummer selamat datang di Tekdung.co.id kali ini saya ingin membahas salah satu topik yang cukup sering ditanyakan ke channel kami, yaitu mengenai “Pukulan Ghost Note’.

Pengertian dari pukulan ghost note ini adalah suatu pukulan yang kita mainkan pada drum, biasanya di snare drum (tapi bisa juga dimainkan di bagian drum set lainya) dimana pukulan tersebut kita pukulkan secara lembut/pelan suaranya.

Pukulan Ghost Note merupakan kebalikan dari pukulan aksen, dimana jika pukulan aksen kita memainkan pukulan yang lebih keras. Untuk permulaan, kita bisa melatih pukulan ini dengan latihan control pukulan terlebih dahulu.

Misalkan kita ingin melatih tangan kiri, langkah pertama adalah posisikan tangan kanan kita sambil memegang stick di atas tangan kiri kita.

Lalu mulailah berlatih pukulan pada tangan kiri secara lembut/tidak keras, sambil tetap tangan kanan berada di atas  tangan kiri kita. Hal ini bertujuan untuk menjaga tangan kiri kita agar tidak terlalu keras di dalam memukul.

Jangan Memukul Terlalu Keras

Jika kita terlalu keras memukul, otomatis pantulan akan lebih tinggi. Disinilah peran tangan kanan kita. Ketika kita terlalu keras memukul, maka stick akan memantul dan akan terkena stick kanan kita.

Advertisements

Usahakan agar stick kiri yang kita pukulkan tidak terlalu keras. Usahakan selalu menghasilkan pukulan yang lembut.

Untuk tangan kanan nya, jika kita sudah terbiasa mengontrol pukulan ghost note pada tangan kiri, rendahkan lagi posisi tangan kanan kita tersebut.

Untuk tangan kanan berlaku hal yang sama ya, posisikan tangan kiri sambil memegang stick di atas tangan kanan kita.

Hal yang berikutnya adalah kita melatih ghost note tersebut dengan rudiment single stroke.

Bagi kawan drummer yang belum tahu, single stroke adalah salah satu jenis dari pukulan dasar pada drum atau biasa disebut dengan rudiment.

Rudiment atau pukulan dasar ini resmi nya ada sekitar 40 jenis. Dan single stroke ini memiliki pola pukulan R L R L/Kanan Kiri Kanan Kiri seterusnya seperti itu. Usahakan pukulan yang kita mainkan tetap dikontrol ghost note nya.

Oya di dalam pukulan ini, jarak antara tip stick drum kita dengan snare/drum pada yang kita latih usahakan berdekatan sekitar 1-1,5 cm. Kemudian latihlah dengan pukulan single stroke yang sudah kita bahas tadi.

Untuk permulaan, tidak apa-apa jika tidak menggunakan metronome. Yang terpenting adalah membiasakan tangan kanan dan kiri kita memainkan pukulan ghost note (GN) tersebut. Setelah itu, barulah kita bisa melatih ghost note ini dengan metronome.

Metronome ini disetelnya jangan tempo cepat dulu, mulailah dari sekitar 60-70 BPM, untuk nilai notnya sendiri latihlah terlebih dahulu di nilai not 1/4.

Lakukan kombinasi pukulan aksen dan GN, dimana untuk tangan kanan aksen, tangan kiri nya ghost note. Lalu lakukan hal yang sebaliknya, tangan kanan GN , tangan kiri aksen.

Setelah terbiasa dengan nilai not 1/4, kita bisa beralih ke nilai not 1/8. Dengan tempo yang sama (60-70 BPM) mulai berlatih dengan memberikan aksen pada tangan kanan, GN pada tangan kiri, kemudian lakukan hal yang sebaliknya.

Kemudian lakukanlah kombinasi antara nilai not 1/4 dan 1/8 tersebut. Cobalah bereksperimen dengan melakuan berbagai macam kombinasi pukulan aksen dan ghost note pada kedua nilai not tersebut.

Untuk videonya, ada di link di bawah ini ya.

 

 

Sekian dulu artikelnya, semoga bisa membawa manfaat untuk kawan drummer semua. Jangan lupa untuk cek artikel-artikel yang lainnya yang ada di website ini.

Bagi Kawan Drummer yang belum subscribe channel YouTube Tekdung Drum, link Channel sudah ada diatas ????.

 

 

Ichsan Nugraha

Tekdung Drum

 

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi via Whatsapp