Cara Membuat Drum Fill In Untuk Pemula

Halo Kawan drummer selamat datang di tekdung.co.id, artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat drum fill in yang mudah untuk pemula.

Fill In di dalam drum merupakan suatu pola permainan yang kita mainkan dengan tujuan untuk variasi dalam permainan drum maupun sebagai penanda dalam perubahan lagu.

Bagi kawan drummer yang ingin membuat fill in sendiri, tentunya bagi yang masih pemula akan kebingungan bagaimanakah membuat suatu fill in. Langkah pertama adalah tentunya kita harus menentukan pola sticking apa yang ingin digunakan, apakah single stroke? double stroke? Ataupun yang lainnya.

Advertisements

Nah setelah menentukan pola pukulannya, misalkan single stroke, langkah berikutnya menentukan nilai not yang ingin dimainkan. Misalkan saja nilai not 1/16, dan jangan lupa berlatih dengan metronome agar tempo nya akurat.

Latihlah pola fill in ini di snare terlebih dahulu sambil bermain drum beat. Mainkan 4 bar drum beat, dimana di setiap bar ke 4 nya, lakukan fill in tersebut.

Setelah terbiasa dengan hanya di snare saja, selanjutnya kita kembangkan lagi fill in tersebut, dengan memindahkan pola single stroke nya ke simbal, tom 1, tom 2 ataupun floor tom. Nah dengan mengerti nilai not, kawan drummer akan lebih mudah dan memiliki kreativitas yang lebih di dalam mengembangkan fill in ini.

 

Misalkan kita saja not 1/16 ini, di setiap hitungan “1” nya, pukulan tangan kanan kita pindahkan ke crash simbal atau bisa juga di setiap hitungan “1” “2” “3” “4” dari masing-masing nilai not 1/16 ini, kita pukulkan tom 1, tom 2 lalu floor tom.

Langkah berikutnya adalah kita berikan dinamika berupa aksentuasi pada setiap pukulan kita. Misalkan berikan aksen pada setiap “1” dan “E” dari masing-masing nilai not 1/16 tersebut. Tentunya hal ini akan memberikan nuansa yang berbeda pada fill in yang kita lakukan.

Kesimpulannya adalah buatlah fill in yang sederhana terlebih dahulu, yang terpenting adalah akurasi pukulan dan tempo kita benar dan jangan langsung memainkannya dalam tempo yang tinggi, mulailah dari tempo pelan terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan pola pukulan nya dan akurasinya.

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

1 Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp