snare-drum-2716881_1920

Cara Menjaga Tempo Permainan Drum

Halo Kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id kali ini saya ingin membahas cara menjaga tempo di dalam permainan drum.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tugas utama seorang drummer adalah menjaga tempo permainan musik tetap stabil, terjaga kecepatannya.

Menjaga tempo permainan ini, ternyata menjadi salah satu  masalah yang cukup sering dialami oleh para drummer, terutama bagi drummer yang baru belajar drum, sehingga timbul pertanyaan “ bagaimanakah cara menjaga tempo permainan drum?”.

Advertisements

Pertama-tama, kita harus memahami terlebih dahulu, apa itu tempo. Tempo bahasa sederhana nya adalah kecepatan di dalam suatu permainan musik. Kecepatan permainan ini diukur dengan alat yang bernama metronome.

Jadi di dalam suatu permainan musik, terutama di dalam proses rekaman, biasanya kita menentukan dulu tempo yang ingin dimainkan dengan menggunakan metronome.Metronome ini menggunakan satuan kecepatan BPM ( Beats Per Minute), misalkan kita menentukan kecepatan suatu lagu yang ingin direkam di tempo 100 BPM. Nah tugas kita sebagai drummer adalah mempertahankan, menjaga tempo 100 BPM ini.

Langkah pertama adalah kita harus memahami bagaimanakah bermain drum bersama metronome. Bermain bersama metronome ini akan lebih mudah dilakukan jika kita memahami berbagai macam nilai not, mengapa? karena setiap ketukan drum, fill in yang kita lakukan memakai nilai not yang berpatokan pada bunyi metronome yang kita sudah tentukan kecepatannya.

Nilai not ini memiliki berbagai macam pecahan/jenisnya. Misalkan kita memainkan tempo 100 BPM di birama 4/4. Metronome akan mengeluarkan bunyi yang kira-kira seperti ini : “Cling Tuk Tuk Tuk Cling Tuk Tuk Tuk” seterusnya seperti itu, dan di setiap bunyi “Cling”merupakan hitungan 1 nya, sedangkan “Tuk” nya hitungan 2, 3 dan 4 ( ingat, disini saya memberikan contoh tempo 100 BPM dalam birama 4/4, kalau misalkan 100 BPM birama 3/4 maka hitungan nya menjadi 3 hitungan, dimana bunyi metronome juga akan berbunyi 3 hitungan : “Cling Tuk Tuk, Cling Tuk Tuk” seterusnya seperti itu, mengenai birama ini akan saya jelaskan di artikel berikutnya ya).

Berdasarkan kecepatan bunyi metronome tadi, kita memainkan nilai not, misalkan nilai not 1/4 memiliki nilai 1 ketuk. Jadi kita memainkan 1 hitungan per ketuk metronome nya.

Cara memainkan/berlatihnya adalah dengan memulai memukul hi hat terlebih dahulu, kita mainan nilai not 1/4 di tempo 100 BPM birama 4/4.  Pukulkan hi hat 1/4 sambil berhitung “1-2-3-4” menyamakan kecepatannya dengan bunyi per ketuk metronome nya.

Berikutnya jika sudah terbiasa dan sudah akurat memainkan hi hat 1/4  dengan menyamakan dengan ketukan metronome nya, lalu kita tambahkan dengan memainkan bass drum misalkan di setiap hitungan 1, dan tetaplah pukulkan hi hat 1/4  terus menerus menyesuaikan dengan ketukan metronome nya.

Langkah berikutnya, kita kombinasikan dengan menambah pukulan pada snare di setiap hitungan 2 dan 4. Tetaplah berhitung dengan menyesuaikan bunyi metronome tersebut, sehingga terbentuk lah satu drum beat/ketukan drum yang memiliki tempo yang terjaga dimana hi hat kita mainkan terus dengan 4 hitungan yang menyesuaikan kecepatannya dengan bunyi metronome, lalu memainkan bass drum di setiap hitungan “1” saja, dan terakhir pukulan pada snare di setiap hitungan “2” dan “4”.

 

Hal tersebut di atas, bisa kita terapkan dengan nilai not lainnya, agar lebih jelas lagi, kawan drummer bisa cek video kita di bawah ini ya. Sekian dulu artikel nya semoga artikel ini bisa membawa manfaat dan jangan lupa berlatih ya.

 

 

Ichsan Nugraha

 

 

Tekdung drum

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi via Whatsapp