Jenis-jenis Pedal Drum dan Kegunaannya

Pedal drum sekarang ini sudah banyak sekali yang beredar di pasaran, dari yang murah sampai yang mahal. Berbagai macam merk pedal mudah untuk di dapatkan. Nah, Berikut ini beberapa jenis pedal drum yang perlu kamu ketahui.

Dengan begitu banyak nya pedal yang di tawarkan, banyak juga dari kita yang pada akhirnya bingung untuk memakai pedal yang merk apa tipe yang mana. Nah untuk itu gw mau sharing nih jenis dan merk pedal yang beredar di pasaran, serta sedikit review dari gw tentang pedal-pedal yang pernah gw coba :D.

Saat ini ada 3 jenis pedal drum yang dijual di pasaran, yaitu :

Advertisements

1. Pedal drum rantai/ Chain Pedal

Pedal rantai merupakan pedal yang bisa dibilang pedal yang paling banyak digunakan saat ini oleh banyak drummer.

Berbagai macam merk juga bisa kita pilih, dan pedal drum ini menurut punya kelebihan di power nya Gua sendiri pernah mencoba beberapa merk pedal rantai yang beredar di pasaran.

Dari sekian banyak yang pernah gw coba, ada 3 pedal rantai yang menurut gw terbaik, yang pertama adalah Pearl Eliminator Power Shifter.

Pedal ini pernah gw pake selama 5 tahun, dan gw bener-bener puas dengan kualitas pedal ini, selain kokoh dan keren penampilan nya, pedal ini bisa kita ubah sistem “cam” yang menempel pada rantai nya.

Ada pilihan beberapa warna cam yang bisa kita ganti sesuai dengan selera kita, masing-masing warna memiliki feel dan power yang berbeda. Bagi yang sudah membeli, silakan saja dicoba cam warna apa yang paling cocok untuk kalian hehehe.

Pedal yang kedua adalah Tama Iron Cobra, pedal ini juga kokoh dan keren dan ketika gw coba,  feel power nya terasa mantab di kaki dan dapat bonus hard case berkualitas juga kalau kita beli baru ( meskipun hard case nya mirip dengan jerigen minyak hehehe).

Pedal ketiga yang mantab menurut gw adalah Tama Speed Cobra. Pedal ini mantab dan enteng banget dimainkan dibandingkan dengan pedal-pedal rantai lainnya, dan pedal board nya pun lebih panjang dibandingkan dengan pedal lainnya sehingga bagi yang memiliki ukuran tapak kaki yang besar dan panjang, akan lebih enak ketika memakai pedal ini.

Soal harga, dari ketiga pedal tersebut, pearl eliminator lah juara nya, harga nya paling murah dibandingkan dengan kedua pedal yang telah gw sebutkan di atas.

 

2. Pedal drum Strap

Pedal jenis strap juga cukup banyak digunakan oleh para drummer. Pedal ini menggunakan strap yang umumnya terbuat dari bahan nylon, dan ada beberapa merk pedal jenis strap yang bisa kita ubah ke sistem rantai ataupun sebaliknya.

Pedal Strap yang pernah gw coba adalah keluaran Yamaha dan menurut gw pedal strap ini lebih enteng dibandingkan dengan pedal rantai, jadi untuk drummers yang merasa tidak cocok dengan pedal rantai karena terlalu berat, pedal strap bisa menjadi alternative untuk dicoba.

Pedal strap saat ini yang paling terkenal adalah keluaran sonor dengan nama “Sonor Perfect Balance Pedal” yang di desain oleh drummer Jojo Mayer.

Gw sendiri belum pernah coba pedal keluaran sonor ini, yang jelas pedal sonor perfect balance sudah dipakai terus oleh sang desainer Jojo Mayer dan baru-baru ini gw lihat di klinik drum, Echa Soemantri pun sudah memakai pedal ini dan dia bilang  pedal sonor perfect balance merupakan pedal yang paling mantab dan paling cocok buat dia.

 

3. Pedal Direct Drive

Pedal jenis sistem Direct Drive ini banyak dipakai oleh drummer metal. Pedal jenis ini terkenal dengan respon nya mantab dan enteng banget, sehingga muncul suatu opini yang menyatakan bahwa kalau main speed tinggi di kaki, pakai lah pedal direct drive.

Merk pedal jenis ini yang terkenal adalah keluaran dari Axis Pedal, dimana banyak banget drummer metal dengan speed kaki gila-gilaan memakai merk ini.

Gw pernah coba Axis pedal dan menurut gw emang enteng banget, kokoh, tetapi yang gw rasakan power gw jadi kurang, ditambah harga baru nya yang mencapai angka belasan juta rupiah, membuat gw lebih memilih merk pedal direct drive lainnya, yaitu Pearl Demon Drive.

Gw sudah memakai Pearl Demon Drive sekitar 2 tahun lebih, dan menurut gw juga sama enteng nya dengan Axis tetapi lebih memiliki power.

Respon nya pun sangat mantab, buat yang demen main pattern double pedal yang bervariasi, gw sarankan bisa cobain pedal demon drive, meskipun mungkin pertama kali coba akan terasa power kita hilang, namun lama kelamaan akan dapat juga kok feel power di kaki kita.

Pedal ini juga bisa di setting longboard atau bisa juga shortboard. Dengan keentengan dan respon nya yang mantab, bukan berarti kalau kita pakai pedal direct drive otomatis kaki kita langsung bisa bermain cepat dengan akurasi yang tepat loh, semuanya balik lagi ke kaki kita masing-masing hehehe, semkin rajin kita berlatih tentunya akan semakin cepat dan mantab pula teknik kaki kita.

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

7 Comments

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp