Latihan Drum Tanpa Drum?? Bisa!

 

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya ingin membahas mengenai pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh orang-orang yang tertarik belajar drum.

Pertanyaannya adalah “Bisa ga sih latihan drum tanpa drum?? Soalnya saya ga punya drum”. Nah Mengenai tidak punya drum di rumah, tapi pengen latihan/belajar drum ,di artikel sebelumnya saya pernah membahas, sedikit saya bahas, bisa latihan dengan memakai drum pad, kick pad, atau sewa studio.

Nah kalau misalkan drum pad sudah punya, kick pad juga sudah, stick drum juga sudah, lalu kalau misalkan sedang bepergian ke suatu tempat, baik itu lagi mudik atau urusan pekerjaan, dan perjalanannya cukup jauh lalu di saat itu pengen latihan drum gimana donk caranya?? Sedangkan misalnya drum pad ketinggalan, kick pad dan pedalnya terlalu memakan tempat dan hanya menambah beban barang bawaan.

 

Caranya adalah kalau kawan drummer pengen melatih kaki, pada dasarnya bisa kok melatih kaki tanpa pedal atau pun kick pad. Kita bisa melatih kaki kita dengan memposisikan kaki memakai teknik heel down, lalu latihlah kaki dengan memakai berbagai macam pola rudiment, dari single stroke, double stroke, paradiddle. Nah tujuan melatih dengan heel down ini adalah untuk menguatkan bagian pergelangan kaki kita, karena meskipun lebih sering menggunakan teknik heel up ketika bermain drum, bagian pergelangan kaki merupakan salah satu bagian yang penting di dalam memainkan pedal drum.

Cara melatih kaki yang kedua adalah dengan memakai teknik heel up, latihan ini bertujuan untuk menguatkan bagian betis dan paha kita, laukanlah pola yang sama dengan menggunakan berbagai macam rudiment.

Untuk latihan tangan, saya sangat menyarankan agar selalu membawa sepasang stick drum, tanpa drum pad pun kita bisa tetap bisa latihan tangan, dan saran saya kawan drummer bisa memakai tip dari karet yang akan dipasang di tip drum stick kita, sudah banyak kok yang jual, jadi tip karet tersebut menggantikan peran drum pad, dan kita bisa latihan sticking dimanapun dengan memakai tip karet tersebut, contoh kita latihan sticking di kursi, di lantai, meja dan lain sebagainya.

Lalu kalau misalkan kita kelupaan untuk membawa stick drum, bagaimanakah solusinya?? Kita bisa memakai metode latihan ala Jojo Mayer. Di salah satu dvd nya, Om Jojo menjelaskan ketika dia sedang dalam perjalanan, dia sering melatih tangan nya dengan cara menempelkan kedua siku tangan ke dada, lalu tepukkanlah kedua tangan kita, lakukan terus menerus, jika mulai terasa pegal, turunkan kecepatan tepukan tangan kita. Hal ini bertujuan untuk  melatih kedua pergelangan tangan kita, karena bagian pergelangan tangan merupakan salah satu bagian yang penting di dalam melakukan latihan sticking.

Nah jadi sudah tidak ada hambatan lagi donk dalam latihan drum, jika kita di dalam perjalanan atau di tempat yang tidak ada drum set nya, memang tetap saja latihan di drum set sangat diperlukan jika kita ingin meningkatkan skill drum kita, tapi setidaknya ada solusi lain yang bisa diterapkan agar tetap bisa melatih kemampuan drumming kita.

 

Ichsan Nugraha

 

 

Tekdung Drum

Latihan Drum Tanpa Drum?? Bisa!

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>