LATIHAN STICKING YANG “MERDU”

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id sudah lama juga nih saya ga buat artikel drum hehe, langsung aja ya kali ini saya mau sedikit membahas tentang latihan stickig yang “merdu”. Seperti yang sudah kita ketahui Bersama latihan sticking merupakan salah satu elemen yang penting di dalam belajar drum.

Biasanya, kita berlatih sticking dengan menggunakan drum pad, ataupun bisa juga langsung di drum set ( bagi yang punya yang punya drum tentunya). Umumnya pola pukulan yang biasa kita latih adalah berbagai macam rudiment dasar pada drum, seperti single stroke, double stroke dan paradiddle.

Pada dasarnya, berbagai macam pukulan dasar pada drum ini, bisa dikembangkan lebih jauh lagi, contoh kita bisa terapkan ke dalam bentuk fill in, ataupun dibuat ke dalam suatu ketukan drum. Lalu bagaimankah caranya supaya latihan sticking ini terdegar musical atau istilah nya “merdu” untuk didengar?

Kita bisa menerapkannya dengan memaki pola pukulam yang paling sederhana dulu, yaitu single stroke. Pukulan ini memiliki pola kanan-kiri-kanan-kiri seterusnya seperti itu, namun agar lebih “merdu” kita bisa berikan dinamika di dalam pukulan ini.

 

Dinamika disini memiliki arti kita memainkan pukulan single stroke ini dengan memainkan pukulan “keras” dan “lembut”. “Keras” disini biasa disebut dengan “aksentuasi” atau penekanan, jadi kita  memainkan beberapa pukulan yang lebih keras/aksen di dalam single stroke ini.

Advertisements

 

Pertama-tama, kita bisa memainkan pukulan aksen ini dengan memakai nilai nit 1/16. Bagi kawan drummer yang belum tahu apa itu not 1/16, sedikit menjelaskan kalua not 1/16 adalah salah satu jenis dari pecahan nilai not, dimana per ketuk metronomenya kita memainkan 4 hitungan.

 

Biasanya cara menghitungnya dengan meenyebutkan “1 E N D / 2 E N D / 3 E N D / 4 E N D” mengikuti kecepatan per ketuk metronome yang telah dipasang. Kemudian not 1/16 ini kita terapkan ke dalam pukulan single stroke tadi.

 

Langkah berikutnya adalah pukulan single stroke 1/16 ini kita berikan aksen, dimana kita memainkan aksen di setiap hitungan 1-D lalu N dari hitungan 2 kemudian E dari hitungan 3, terakhir di hitungan 4-D terus berulang seperti itu.

Penasaran dengan bunyi nya seperti apa?? Kawan drummer bisa langsung cek video dia bawah ya, dan video ini merupakan part/bagian satu dari seri video “Latihan Sticking Yang Merdu”, tentu saja nanti aka nada part 2 dan seterusnya.

 

OK kawan drummer sekian dulu artikel kali ini, buat kawan drummer yang baru pertama kali berkunjung ke website tekdung.co.id nanti setelah baca artikel ini, bisa langsung di cek yaa artikel-artikel lain yang tentu saja membahas seputaran dunia drum! Terima kasih 😊

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp