Main Musik POP Itu Gampang DRUM nya Gitu Doank

Halo Kawan Drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya membahas mengenai pernyataan yang sering saya dengar langsung dari beberapa kawan saya, ataupun dari cerita kawan saya.

 

Penyataan tersebut bervariasi seperti : “ Masa lo main lagu pop gitu doank ga bisa, kan gampang itu, gimana mau main metal lo”, “ Untung aja lo main pop, drum nya cuma gitu2 doank ketukannnya, enak lo ga perlu pusing” “Gw salah mulu pas ngedrum karena gw main progresif metal, jadi wajar aja, nah lo mah enak main pop doank ketukan drum nya gampang, gitu2 doank”.

 

Wah pernyataan di atas, tentu nya akan sangat menyinggung perasaan seorang drummer yang memang sering nya membawakan lagu-lagu pop Top 40. Untuk itulah saya ingin menjelaskan bagaimana pandangan saya mengenai musik pop yang katanya drum nya gitu-gitu doank.

Advertisements

Definisi musik POP tentu nya setiap orang punya pendapat yang berbeda-beda. Menurut saya musik pop itu adalah musik yang POPULER, dalam artian disukai banyak orang, memiliki nada dan aransemen yang enak, mudah dimengerti dan mudah didengar/easy listening.

Genre dari pop ini pun sudah luas sekali, ada yang namanya pop rock, pop punk, pop country, pop jazz, power pop, dan lain sebagainya. Nah mengenai pernyataan tersebut di atas, saya kurang setuju dengan pandangan yang terkesan meremehkan ketukan drum musik pop.

Bagi saya memainkan drum tidak hanya persoalan teknik, speed, kerumitan pattern dan lain sebagainya. Faktor “Rasa” atau “Feel” juga ikut menentukan apakah seorang drummer bisa layak disebut sebagai drummer yang bagus. Jika faktor teknikal sudah terpenuhi, tapi mainnya tidak enak, feel nya tidak terasa, tidak nge groove istilah nya, tentunya faktor teknikal tersebut menjadi percuma.

Saya berikan contoh, coba kawan drummer dengarkan lagu “Heartbreak Warfare” nya John Mayer ( Banyak yang bilang John Mayer genre nya blues, pop rock, dll tapi berhubung lagu-lagu nya Populer, maka saya anggap saja beliau termasuk musisi BLUES yang Bisa nge-POP). Di lagu tersebut, jika kita dengarkan sekilas, mungkin kita anggap ketukan drum di lagu itu tidak susah, tidak ribet, sederhana.

Tetapi ketika saya mendengarkan nya dengan seksama, lagu tersebut sangat nge_groove banget, enak banget mendengarkannya, dan salah satu faktor penting yang membuat lagu tersebut menjadi bagus, terletak pada ketukan drum nya.

Feel dari drummer nya ( di rekaman tersebut Steve Jordan yang nge drum) sangat lah terasa, dan dengan cerdas si om steve menambahkan aksen di pukulan hi hat nya, sehingga memberikan dinamika dan nuansa tersendiri di lagu tersebut. Mungkin akan ada banyak sekali banyak drummer yang mampu memainkan lagu tersebut, tetapi apakah bisa feel nya seenak dan sebagus om Steve Jordan? Lalu misalkan kalau kita di posisi beliau, mampukah kita membuat pattern drum seperti itu? Mampukah kita “menahan” permainan drum kita dengan tidak memainkan ketukan drumnya menjadi ribet atau terlalu “rame” ketukannya sekaligus tetap terasa enak groovenya? Mampukah kita untuk memiliki kreativitas dengan menambahkan aksen di pukulan hi hat nya??.

 

Contoh lain, ada di lagu nya Vanessa Carlton yang berjudul “Ordinary Day”. Coba kawan drummer dengarkan lagu tersebut, drummer yang bermain di lagu tersebut adalah Abe Laboriel Jr ( session drummer kelas dunia yang telah banyak bermain dengan musisi besar dunia). Di lagu tersebut, menurut saya merupakan bantahan dari pernyataan yang bilang lagu pop ketukan drum nya gampang, gitu-gitu doang.

 

Di lagu tersebut, Om Abe Laboriel Jr tidak hanya memberikan permainan drum yang enak, beliau membuat suatu pattern drum yang menurut saya tidak “gitu-gitu” doank, sangat kreatif dan bervariasi, dan hebatnya adalah pattern drum tersebut tidak merusak lagu nya, drum yang dimainkan tetap bermain sesuai porsi lagu nya.

 

Hal ini juga merupakan salah satu kesulitan bermain drum dalam musik POP, bagaimana kita bisa membuat ketukan drum yang bervariasi, tetapi tidak merusak lagu nya, bermain sesuai porsi tapi kreatif sekaligus nge groove. 

Kesimpulannya, bagi saya setiap genre musik memiliki kesulitan dan keunikannya masing-masing, jangan sampai ada pandangan meremehkan  permainan drum di suatu genre musik. Jadi lah drummer yang tidak mengkotak-kotakkan genre tertentu, saran saya pelajarilah sebanyak mungkin style/genre/aliran musik, dan dalam genre musik apa pun, coba lah untuk belajar bermain drum sesuai porsi/kebutuhan dari lagu yang kita mainkan, menjadi drummer kreatif itu bagus, tetapi jangan menjadi drummer kreatif yang kebablasan, jadilah drummer kreatif tanpa merusak lagu nya.

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp