Mari berlatih Teknik Double Pedal

Baca tips-tips berikut mengenai latihan teknik doubel pedal supaya lebih memudahkan saat penerapannya pada sesi latihan.

 

Halo drummers, selamat datang di tekdung.co.id, kali ini gw akan membahas mengenai latihan double pedal.

Tentunya banyak pertanyaan yang muncul di forum-forum drum ataupun klinik drum seperti ini, “bagaimana ya supaya cepet bisa main double pedal?” atau “ cara nya gimana sih supaya bisa main double pedal cepet banget yang suara kaya tembakan?”. Nah menurut gw, cara untuk kita bisa bermain double pedal dengan baik adalah latihan, latihan, latihan.

Semakin sering dan disiplin kita latihan, tentunya perkembangan permainan double pedal kita akan semakin baik, nah untuk itu gw punya beberapa tips latihan double pedal yang gw rasakan cukup efektif ketika gw lakukan, mudah-mudahan drummers juga cocok ya dengan tips yang gw berikan, amin hehehehe. Tips nya adalah :

1.Kenali terlebih dahulu pecahan nilai not

Yap, tips pertama adalah kita harus paham dulu nih pecahan nilai not yang ada, seperti 1/4, 1/8, 1/16, 1/8 triplet, 1/16 triplet dll. Jika kita sudah memahami nilai not, maka kita akan lebih mudah di dalam latihan pengembangan double pedal kita, karena ada juga beberapa drummer yang menyangka permainan double pedal yang cepat itu adalah double pedal 1/32. Nah padahal belum tentu loh double pedal yang cepat itu pasti 1/32 hehehe, karena tergantung juga dari pemilihan tempo yang kita mainkan.

2.Latihan dengan menggunakan Metronome

Latihan double pedal dengan menggunakan metronome merupakan hal yang WAJIB menurut gw hehehe, karena percuma saja kita bisa berdouble pedal ria dengan cepat, tapi tidak stabil temponya, akibatnya adalah lagu yang kita mainkan akan jadi berantakan dan membuat permainan player yang lainnya di band kita akan ikut berantakan juga, karena tugas dari seorang drummer adalah menjaga tempo permainan sehingga musik yang dihasilkan akan terdengar enak dan bisa dinikmati. Oya jangan lupa mulai lah latihan dari tempo yang pelan dulu, atau setidaknya mulai lah dari tempo yang kita rasakan nyaman dan sudah lancar. Dengan kita sudah paham pecahan nilai not, tentunya kita bisa menerapkan nilai not tersebut dengan memakai patokan metronome yang sudah kita setel kecepatan BPM nya, contoh kita latihan di tempo 100 BPM, maka terapkan lah dari not 1/4 lalu 1/8, 1/16, dll.

3.Utamakan Ketepatan (akurasi) dibandingkan kecepatan

Utamakan lah akurasi/ketepatan permainan kita terlebih dahulu, seperti yang sudah gw jelaskan di atas, mulai dari tempo yang pelan atau tempo yang kita sudah terbiasa, dan jangan memikirkan untuk langsung bisa bermain cepat ( atau yang penting kebut hehehee), karena percuma saja bermain cepat tapi tidak akurat, double pedal yang dimainkan tentunya akan terdengar buruk dan tidak karuan. Kecepatan akan datang dengan sendiri nya, seiring kita terus rajin latihan, karena balik lagi soal kecepatan, di tempo 100 BPM pun kita tetap bisa bermain cepat, karena itu semua tergantung dari pemilihan nilai not apa yang mau kita mainkan, mungkin double pedal 100 BPM dengan not 1/16 akan terdengar biasa saja, tetapi jika kita memainkan nya di not 1/32 tentunya akan terdengar cepat ( soal kerapihan permainan tergantung dari akurasi kita juga, apakah benar atau berantakan hehehe)

4.Kenali Rudiment

Rudiment atau pola pukulan di drum ada berbagai macam, dari single stroke, double stroke, paradiddle, flam, drag dll. Rudiment ini selain di tangan, juga bisa kita terapkan di kaki, pada umumnya drummer-drummer memainkan single stroke di permainan double pedal nya, meskipun sudah banyak juga para master drummer yang mampu memainkan double pedal dengan memakai rudiment double stroke, paradiddle, drag, flam dll.

Menurut gw, pahami dan dalami terlebih dahulu double pedal single stroke, kita mulai dengan latihan memakai metronome, dari tempo yang pelan, dengan akurasi yang bagus memainkan double pedal single stroke dari nilai not 1/4, 1/8, 1/16 dll,

nanti jika sudah menguasai tempo yang kita latih, lalu kita bisa menaikkan tempo di metronome, latih dan kuasai lagi, dan naikan lagi tempo nya seterus nya seperti itu sampai mencapai target tempo yang kita inginkan, ( misalnya kita punya target menguasai double pedal single stroke sampai tempo 300 BPM di nilai not 1/32 hehehehe).

 

 

Setelah menguasai single stroke double pedal dengan baik dan benar, jika kita ingin mempelajari rudiment yang lain seperti double stroke, drag paradiddle dll silakan saja, tergantung dari kemauan kita apakah mau mendalami atau cukup dengan single stroke :D.

Mari berlatih Teknik Double Pedal

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>