Pengen Cepat Jago Drum? Ayo Masuk Sini (Bagian 3)

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini merupakan bagian ke tiga dari artikel mengenai faktor kenyamanan untuk meningkatkan skill drum.

Hal berikutnya yang ingin saya bahas adalah mengenai settingan tom dan floor tom. Jika kawan drummer memiliki drum set sendiri, dimana memiliki banyak tom, maka cobalah untuk bereksperimen dengan memasang semua tom dan floor tom yang dimiliki.

 

Lalu bandingkan dengan memasang tom dan floor tom yang lebih sedikit, misalkan kombinasi antara 2 tom dan 1 floor tom, atau hanya 1 tom dengan 1 floor tom saja, manakah bagi kawan drummer yang paling cocok dan nyaman di dalam memainkan drum, kemudian perhitungkan juga dengan kebutuhan bermusik yang akan dimainkan, apakah dengan settingan tom dan floor yang sedikit sudah cukup, atau style musik yang dimainkan membutuhkan banyak jumlah tom dan floor tom.

Advertisements

 

Kemudian atur ketinggian dari masing-masing tom, sebagai contoh Travis Barker memasang tomnya dengan sangat rendah dan datar, atau Chris Adler dengan posisi tom yang tinggi dan miring agak ke bawah.

 

Contoh lainnya Dave Weckl, memasang tom nya dengan posisi yang unik, di salah satu DVD nya saya melihat tom 1 nya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tom 2 nya, beliau mengatakan kalau posisi tersebut adalah yang nyaman dan natural untuk dirinya di dalam menjangkau dan memainkan tom.

 

Oya untuk kawan drummer yang tidak memiliki drum set sendiri, untuk mencari kenyamanan di dalam memukul tom dan floor tom, kawan drummer bisa sewa studio dan meminta izin kepada pemilik studio, untuk merubah posisi tom sesuai dengan kenyamanan dari kawan drummer ( dan selesai latihan jangan lupa ya dikembalikan ke posisi semula Hehehe). Posisi floor tom pun juga patut diperhitungkan, apakah ingin miring, atau datar dan seberapa jauh/dekat jarak kaki kanan dengan floor tom, semua hal tersebut harus dicoba dan bereksperimen lah dengan berbagai macam posisi.

 

Berikutnya adalah posisi dan ketinggian dari simbal-simbal. Pertama bereksperimenlah dengan ketinggian crash simbal, amati juga drummer lain, seperti misalnya Chris Coleman memiliki settingan simbal yang unik, dimana posisi crash, splash dan lain-lain, rendah cenderung miring ke belakang ke arah bass drum ( bisa di cek ya di google settingan simbal beliau). Contoh lain ada pada Akira Jimbo, di salah satu video lama nya, saya melihat Om Akira memasang crash, dan jenis simbal lainnya dalam posisi yang sangat tinggi.

 

Tentunya semua drummer hebat yang saya sebutkan tadi, memiliki settingan yang berbeda-beda, bukan asal dipasang dan bukan hanya murni gaya-gayaan saja. Pasti ada alasan dan tujuan yang ingin dicapai yang menurut saya tentunya berhubungan dengan faktor kenyamanan bermain drum dari masing-masing drummer.

 

Sekian dulu artikel kali ini, nantikan bagian ke empat mengenai faktor kenyamanan untuk meningkatkan skill drum, semoga bisa menjadi inspirasi dan manfaat bagi kawan drummer semuanya.

 

 

Ichsan Nugraha

 

 

Tekdung Drum

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp