Pengen Cepat Jago Drum?? Ayo Masuk Sini

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu faktor penting yang menentukan perkembangan dari kemampuan/skill bermain drum.

Pada dasarnya banyak sekali faktor penting yang bisa menentukan apakah perkembangan skill bermain drum kita bisa berjalan dengan cepat dan baik, ataukah berjalan dengan lambat dan buruk sekali.

Diantara banyak nya faktor penting tersebut, ada satu yang menurut saya sering kali terlewatkan oleh kita yang baru belajar drum. Hal tersebut adalah Kenyamanan di dalam memainkan drum.  Karena dengan kenyamanan yang didapatkan ketika bermain atau berlatih drum, tentunya hal tersebut akan mempermudah kita dalam bermain drum, dan kepercayaan diri pun akan meningkat, sehingga kita lebih betah dan bisa lebih lama dalam bermain/berlatih drum.

Advertisements

Faktor kenyamanan ini saya bagi menjadi dua, yang pertama adalah kenyamanan di drum set dan kenyamanan teknik bermain drum.  Faktor kenyamanan di drum set ini mencakup hal-hal yang terkesan sepele, tetapi sebenarnya sangat penting untuk menentukan arah perkembangan skill drumming kita.

Kenyamanan di drum set ini dimulai dari bangku drum yang kita pakai. Saran saya pakailah  drum throne atau bangku khusus untuk bermain drum. Saya pernah mencoba memakai kursi plastik biasa, dan ternyata untuk badan saya yang pendek ini, satu buah bangku plastik masih terlalu rendah bagi saya untuk menjangkau bagian dari drum set seperti tom dan simbal. Untuk snare pun pada akhirnya saya harus merendahkan stand snare nya agar mudah dipukul.

 

Setelah memakai bangku drum, hal berikutnya adalah atur ketinggian bangku drum tersebut. Faktor yang terkesan sepele ini ternyata sangat penting loh, coba lah untuk bereksperimen dengan berbagai macam posisi ketinggian pada bangku drum yang kita gunakan. Cari mana yang paling nyaman bagi kawan drummer, dan cobalah lakukan pengamatan terhadap drummer lain, bisa cek di youtube atau melihat dan bertanya kepada kawan sesama drummer.

 

Pengamatan ini juga penting, sebagai contoh, saya melihat Mike Portnoy di video nya cenderung memilih bangku drum yang di setting tinggi, contoh lain adalah Pat Torpey lebih memilih posisi bangku drum yang rendah.

 

Nah setelah melakukan pengamatan, kawan drummer bisa mencoba sendiri, sebagai contoh cobalah kedua settingan bangku dari drummer yang telah saya sebutkan di atas. Coba seperti Mike Portnoy dengan settingan nya, rasakan apakah nyaman, lalu coba bermain drum, pukulkan snare, apakah mudah dan nyaman?? Lalu lakukan fill in, apakah mudah dan nyaman memainkan dan menjangkau tom dan simbal??.

 

Setelah itu coba rendahkan posisi bangku drum nya, lakukan hal yang sama seperti yang telah saya sebutkan tadi, lalu bandingkanlah mana yang lebih nyaman,enak dan mudah bagi kita untuk bermain drum.

 

Oya jangan terlalu berpatok juga pada drummer lain ya, pengamatan tersebut dilakukan sebagai perbandingan untuk mencari mana yang cocok bagi kita. Jika misalkan kawan drummer telah mengamati Mike Portnoy dan Pat Torpey, lalu dirasa tidak cocok , jika dirasa settingan bangku Mike Portnoy terlalu tinggi atau settingan bangku Pat Torpey terlalu rendah, cobalah bereksperimen sendiri mungkin bisa dengan posisi tengah, tidak terlalu tinggi atau pun terlalu rendah.

Setelah mendapatkan posisi tinggi-rendah bangku drum yang cocok dan nyaman untuk kita, hal berikutnya adalah cari jarak yang nyaman antara bangku drum dengan bass drum, kalau terlalu dekat jaraknya, maka posisi lutut kita akan terlalu menekuk ke dalam, dan hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada lutut jika kita bermain drum dalam waktu yang lama. Saya sarankan, cobalah atur jarak antara bangku drum dengan bass drum, dimana posisi lutut kaki kita minimal membentuk sudut 90 derajat.

Dan posisi minimal sudut 90 derajat ini pun tidak semua drummer nyaman, oleh karena itu bereksperimenlah, dan lakukan juga pengamatan terhadap drummer lain.

Sekian dulu artikel dari saya, pembahasan ini merupakan bagian pertama dari artikel mengenai faktor kenyamanan untuk meningkatkan skill drum. Di artikel bagian kedua, nanti saya akan membahas faktor kenyamanan lainnya.

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp