Pengen Cepet Jago Main Drum? Coba Baca Ini!

Halo Kawan Drummer, selamat datang di tekdung.co.id kali ini saya ingin membahas soal pertanyaan yang sering muncul di forum-forum drum, klinik, dan lain sebagainya. Pertanyaan tersebut seperti “bagaimanakah supaya cepat mahir bermain drum?” “Caranya supaya cepat jago drum gimana ya?” atau “tangan kiri saya masih kaku, gimana cara lemesinnya ya?” “Cara main double pedal yang cepat gimana ya?” dan masih banyak pertanyaan lagi yang lainnya yang berhubungan dengan perkembangan skill drum.

Sebenarnya jawabanya sederhana saja, ya kita harus latihan,latihan dan latihan. Nah menurut saya, latihan yang dimaksud adalah latihan yang memiliki konsep dan tentu saja harus rutin dan displin.

Latihan yang memiliki konsep itu adalah kita menentukan hal apa yang ingin dipelajari terlebih dahulu, bagaimana cara melatihnya, menentukan setiap hari dan jam latihannya.

Advertisements

Sebagai contoh, jika kawan drummer ingin mempelajari teknik tangan, atau ingin sticking nya bisa cepat dan akurat, tentuya mencari solusi dari hal tersebut adalah bukan hanya dengan menonton tutorial video di youtube, atau menonton  dvd drum maupun bertanya ke drummer lain yang kita anggap lebih hebat.

Setelah menonton atau bertanya bagaimana caranya, hal yang harus dilakukan adalah mulai lah berlatih, tentukan jadwal latihan nya, dan berapa lama durasi nya, setiap hari apa saja dan lainnya sebagainya.

Misalkan kawan drummer ingin meningkatkan akurasi dan kecepatan tangan. Mulai lah membuat jadwal rutin latihan, contoh latihan sticking di setiap hari senin-jumat, durasi masing-masing latihan 1 jam. Lalu tentukan pola sticking/rudiment apa yang ingin dipelajari terlebih dahulu, pergunakanlah metronome, tentukan nilai not nya.

Dan mulailah berlatih, dan jangan langsung latihan di tempo yang tinggi (contohnya 200 BPM di nilai not 1/16), akan tetapi kita harus tahu sejauh apa kemampuan kita, jika masih di tempo 80 BPM di nilai not 1/16, dalami hal tersebut terlebih dahulu, kombinasikan dengan nilai not lainnya seperti 1/8,triplet dan lain-lain.

Setelah akurasi dan kecepatan di 80 BPM tersebut sudah baik, kita bisa menaikkan tempo nya ke 85 BPM, dengan pola yang sama berlatih lah kembali. Biasanya jika belum terbiasa pada tempo 85 BPM, cobalah untuk menurunkan sedikit temponya misalkan di tempo 82-83 BPM.

Di dalam berlatih drum ataupun alat musik lainnya, kawan drummer harus juga memiliki kesabaran dan lakukan lah repetisi/pengulangan terus menerus. Hal inilah biasanya yang menjadi masalah, ketika sedang latihan dan masih menemui kesulitan, kita mulai emosi, kesal, sebal ,marah dan mulai bosan lalu menyerah.

Nah untuk itulah dibutuhkan kesabaran di dalam berlatih, karena jika kita bisa sabar, tentunya kita tidak akan menyerah dan sanggup untuk melakukan pengulangan/repetisi secara terus menerus. Mari Kawan drummer semua jika ingin terus berkembang skillnya, mulai lah latihan dengan konsep yang jelas, memiliki kesabaran dan lalukan lah pengulangan terus menerus sampai kita benar-benar menguasai dengan baik hal yang sedang kita pelajari.

 

 

 

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp