Pengen Jago Drum Tapi Ga Punya Drum? Begini Solusinya

Halo kawan drummer, selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya membahas mengenai banyak nya pertanyaan yang bermunculan soal pengen bisa drum, pengen berkembang skill drum nya, tapi ga punya drum, gimana cara nya ya? Temukan solusi nya di sini.

Menurut saya, ga punya drum di rumah bukan berarti akhir dunia, bukan berarti menjadi suatu hambatan besar untuk kita yang mau banget jadi drummer handal. Ada beberapa solusi yang menurut saya bisa kita terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut :

  1. Beli Drum Pad dan Stick Drum

Ga punya drum tidak apa-apa, tapi minimal kawan drummer harus punya drum pad dan tentunya stick drum. Harga drum pad sangat bervariasi, dari kisaran harga 90 ribuan sampai yang satu jutaan juga ada, begitu pula dengan stick drum, harganya mulai dari yang 10 ribuan sampai yang 500 ribuan juga ada. Kalau budget ngepas, saran saya kumpulkan uang untuk beli drum pad  yang kisaran 90-100 ribuan, dan untuk stick beli yang kisaran harga 50-70 ribuan. Dengan adanya kedua alat tersebut, kita tetap bisa berlatih sticking, karena ngedrum yang baik dituntut untuk memilki teknik dasar tangan yang bagus.

Advertisements
  1. Beli Kick Pad

Punya drum pad sudah, stick juga sudah, tapi gimana cara nya kalau mau latihan kaki?? Harga bass drum kan mahal???. Nah untuk latihan kaki, tetap bisa loh, yaitu dengan membeli kick pad, harga ya pun bervariasi, mulai dari 200 ribuan sampai 600 ribuan kalau tidak salah, tetapi memang kita harus menambah budget lagi untuk membeli pedal, karena pada umumnya dengan harga kick pad yang telah disebutkan, tidak termasuk dengan pedal drum nya, kalau kawan drummer budget nya tidak ada lagi untuk membeli pedal dan kick pad, solusi nomor 3 berikut bisa diterapkan

  1. Sewa Studio

Kalau budget untuk membeli kick pad dan pedal nya tidak  mencukupi, sedangkan memiliki stick dan drum pad dirasa kurang maksimal karena kaki tidak dilatih, nah kawan drummer bisa menyewa studio band. Zaman sekarang sudah begitu banyak nya studio band yang bisa disewa per jam nya, dan kisaran harga nya bervariasi dari 30 ribuan sampai yang ratusan ribu per jam nya juga ada. Nah jangan malu untuk latihan drum sendiri di studio, cuek aja, lakukanlah sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang ada, setidaknya minimal seminggu sekali, carilah studio band yang sesuai dengan budget yang dimiliki kawan drummer, dan siapa tau ketika kawan drummer berlatih drum di studio, ada band terkenal yang lagi nongkorong di situ terus mereka terkesan dan diajak gabung deh jadi drummer :D.

Kesimpulannya, tidak ada alasan lagi donk pengen jadi drummer handal tapi ga punya drum untuk latihannya, tetap semangat dalam berlatih demi mencapai target kemampuan yang diinginkan.

 

 

Ichsan Nugraha

 

Tekdung Drum

 

 

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp