Penting Ga Sih Belajar Tempo Dan Nilai Not? Cek Jawabannya Disini

Halo Kawan drummer semuanya, selamat datang di website tekdung.co.id, nah artikel kali ini saya akan membahas mengapa kita sebagai drummer, sangat penting untuk mengerti Tempo dan Nilai Not.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, salah satu tugas seorang drummer adalah menjaga tempo permainan musik, untuk itu lah kita sebagai drummer wajib donk mengerti bermain tempo.

Sebenarnya tempo itu apa sih?? bagi kawan drummer yang belum tau, tempo adalah kecepatan di dalam suatu permainan musik, kalau misalkan di mobil/motor, satuan kecepatan yang digunakan adalah Km per jam.

Sedangkan satuan kecepatan di dalam permainan musik, kita menggunakan BPM atau Beats Per Minute. Jadi kalau kita ngeband bareng temen membawakan lagu, nah itu pasti ada kecepatan permainan nya. Apakah misalkan di 100 BPM atau 200 BPM bahkan 1000 BPM hehehehe.

Lalu timbul pertanyaan, gimana ya caranya supaya tau kalau permainan musik kita itu misalnya berada di 100 BPM?? dan bagaimana cara nya agar menjaga kecepatan 100 BPM tersebut tetap stabil?? nah jawabannya adalah pergunakanlah alat yang bernama METRONOME.

Alat yang bernama metronome ini sangat berguna untuk menjaga kecepatan permainan drum ataupun permainan musik. Bentuk nya berbagai macam ( bagi yang penasaran silakan gugling aja ya . Dan saran saya kawan drummer bisa download saja metronome digital di playstore atau apple store, udah banyak banget kok yang gratisan.

Sedikit saya jelaskan, metronome ini kita bisa setel kecepatan nya, misalkan di 100 BPM, nanti alat tersebut akan mengeluarkan bunyi tuk tuk tuk tuk tuk . Dan timbul pertanyaan lagi, bagaimana cara nya bermain drum dengan menggunakan metronome?? Jawabannya ada di paragraf berikutnya .

Jawabannya adalah pahami terlebih dahulu berbagai macam pecahan nilai not. Nilai not ada berbagai macam contoh ada not 1/4, 1/8, 1/16 dan lain sebagainya. Contoh nilai not 1/4 dengan menggunakan metronome di kecepatan 100 BPM, kita memainkan satu hitungan per ketuk metronome tersebut.

Jadi di tuk tuk tuk tuk di bunyi metronome tersebut, kita mainkan satu hitungan sesuai dengan bunyi metronome nya, mulai lah berhitung 1 2 3 4 dan samakan kecepatan hitung kita dengan bunyi metronome tersebut.

Oya kita juga harus memilih pola pukulan atau pola sticking apa yang mau kita latih dengan metronome tersebut. Misalkan single stroke, mainkan pukulan tersebut dengan nilai not dan kecepatan metronome yang kita pilih.

Jika sudah tebiasa memainkan not 1/4 lalu kita lanjut dengan mengganti nilai not menjadi 1/8, 1/16 dan lain sebagainya. Dan mulai lah dari tempo yang rendah/pelan terlebih dahulu, dengan tujuan kita bisa memahami bagaimana cara memainkan dan menghitung nilai not yang kita latih berdasarkan tempo yang sudah kita setel di metronome.

Kesimpulannya adalah di dalam belajar drum, sebagai seorang penjaga kecepatan permainan musik, menurut saya SANGAT PENTING untuk kita memahami dan mampu menjaga tempo. Tentunya untuk melatih tempo agar lebih stabil, kita memakai metronome dan supaya bisa mengerti dan mampu bermain dengan metronome, kita wajib memahami dan berlatih berbagai macam nilai not.

Buat kawan drummer yang masih anti banget sama metronome, mulai sekarang dicoba ya untuk belajar berbagai macam nilai not, karena nantinya setelah paham hal tersebut, bermain dengan metronome akan jaaaaaauuuuuh lebih mudah dibandingkan dengan belum paham nilai not, otomatis juga permainan drum kita lebih stabil kecepatannya, kawan-kawan band kita juga jadi senang, lebih nyaman dan asik ngeband nya.

 

Ichsan Nugraha

Tekdung Drum

 

 

 

Penting Ga Sih Belajar Tempo Dan Nilai Not? Cek Jawabannya Disini

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>