Speed itu (Bukanlah) Segala nya dalam Bermain Drum

Artikel kali ini tentang speed. Speed atau kecepatan di dalam permainan drum baik itu di kaki maupun tangan tentu nya sering menjadi topik pembicaraan panas di kalangan drummer. Seberapa penting sih speed dalam permainan drum kamu?

Banyak pertanyaan atau pun pernyataan seperti siapa sih drummer tercepat di dunia? Wah George Kollias mah kaki nya cepet banget, Travis Barker tangan nya cepet banget, wih gw pengen banget bisa main double pedal 250 BPM dll.

Menurut pendapat gw sih, speed atau kecepatan di dalam permainan drum memang sangat terdengar dan terlihat menarik, tetapi sangat disayangkan gw melihat kecendrungan dari para drummer yang baru belajar drum, mereka menganggap kalau speed merupakan hal yang terpenting dan terhebat di dalam permainan drum.

Nah, menurut gw, mengejar speed semata bukan lah satu-satu nya hal yang bisa kembangkan di dalam bermain drum. Masih banyak loh hal yang lain di dalam bermain drum yang sama susah nya, bahkan mungkin lebih susah dibandingkan dengan mengejar speed yang tinggi di dalam drum.

Contoh nya adalah di dalam mengembangkan feel groove kita, bermain suatu beat drum yang nge-groove menurut gw juga susah banget loh.

Bagaimana cara nya kita memainkan suatu ketukan drum yang bisa membuat orang lain ikut menikmati nya bersama kita dan membuat solo/ lagu yang kita mainkan menjadi “enak”.

Drummers bisa lihat di youtube para master drum seperti Benny Greb, Steve Gadd, Stanton Moore, Steve Jordan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mereka bisa bermain drum dengan feel groove yang sangat kuat, sehingga kita sebagai penonton bisa ikut terbawa menikmati setiap ketukan drum yang mereka mainkan.

Seperti Steve Jordan, cukup dengan bermain beat drum yang simple, gw betah nonton video nya ampe abis hehehe karena dia bisa membuat gw ikut menikmati permainan drum nya.

Hal lain yang menurut gw susah ( bahkan lebih susah di bandingkan mengejar speed) adalah menempatkan permainan drum kita di dalam sebuah lagu, dimana pattern drum yang kita buat bisa pas mengisi lagu yang kita mainkan, tidak berlebihan dan membuat lagu yang kita mainkan menjadi enak terdengar, unik dan menarik.

Drummer seperti Yoyo ( Padi) menurut gw adalah salah satu contoh drummer yang memiliki kemampuan luar biasa di dalam mengaransemen suatu pattern drum.

Di lagu-lagu Padi yang gw denger, Yoyo tetap menunjukkan kemampuan nya sebagai seorang drummer pro, tetapi tidak berlebihan dan dapat membuat lagu yang dibawakan menjadi menarik untuk di dengarkan ( padahal pattern drum yang dimainkan yoyo cukup bervariasi, tidak monoton).

Bagi drummers yang sedang berfokus pada speed, bisa di coba gimana cara nya kalian tetap menunjukan speed tetapi tidak merusak lagu yang dibawakan, dan bisa membuat lagu yang di bawakan menjadi unik,menarik dan jadi enak di dengar hehehe.

Kesimpulan nya adalah bagi gw speed bukanlah segala nya, memang untuk mencapai speed yang tinggi, dibutuhkan waktu latihan yang lama, namun jangan sampai menganggap kalau speed adalah satu-satu nya hal yang paling susah di dalam bermain drum, sehingga seumur hidup kita hanya berfokus dan mendewakan speed.

Speed itu (Bukanlah) Segala nya dalam Bermain Drum

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>