Tips Belajar Drum Untuk Pemula (Bagian 1)

Halo kawan drummer selamat datang di tekdung.co.id artikel kali ini saya akan membahas tips yang bisa dilakukan untuk kawan drummer yang baru belajar drum ataupun tertarik untuk belajar drum. Langsung saja kita mulai ya :

  1. Siapkan Stick Drum Sendiri

Sebagai drummer jika tidak punya drum masih bisa dimaklumi, tetapi kalau sampai tidak punya stick sendiri, waduh jangan begitu ya kawan drummer, hal ini saya bahas karena saya cukup sering melihat drummer yang latihan di studio, selalu menyewa stick karena memang tidak punya stick sendiri. Selain lebih boros jika setiap latihan menyewa stick, tentunya kesempatan kita untuk berlatih sticking lebih terbatas donk, hanya ketika di studio saja.

  1. Belilah Stick Drum Yang Berkualitas

Ketika ingin membeli stick drum, saya sarankan agar kawan drummer tidak membeli stick drum KW Zildjian, Pro Mark KW, dan lain-lain. Karena Stick KW tersebut selain tidak awet, seringkali tidak berimbang beratnya antara stick kanan dan kiri. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan kita dalam berlatih. Kenyamanan diri dalam berlatih merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan dalam perkembangan skill drum kita, dan sudah banyak loh stick buatan lokal yang memilki kualitas yang bagus dan harga nya relatif terjangkau, tidak semahal stick drum buatan luar negeri.

  1. Siapkan Drum Pad

Drum Pad sangat berguna untuk melatih tangan kita, dan alat ini juga tersedia dalam berbagai macam ukuran, rata-rata yang dijual di pasaran mulai dari ukuran 6 inch sampai 11 inch. Harganya pun bervariasi dari puluhan ribu sampai jutaan juga ada, saran saya kalau misalkan budget ngepas, beli lah drum pad buatan lokal, kualitas nya ga kalah kok jika dibandingkan dengan buatan luar negeri, dan dengan memiliki drum pad, kita bisa berlatih sticking dimana saja dan kapan saja kita mau, karena mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan tempat jika ditaruh di dalam tas.

  1. Berlatih di Studio Musik Jika Tidak Punya Drum

Drum Pad tentunya berguna melatih tangan kita, dan bisa dilakukan di rumah, akan tetapi bermain drum tidak hanya mempelajari teknik tangan saja, kaki pun juga terlibat di dalam permainan drum dan tentu saja bermain drum membutuhkan koordinasi antara tangan dan kaki yang baik. Oleh karena itulah, jika kawan drummer tidak punya drum di rumah, solusinya adalah sewa studio musik. Harga penyewaan studio musik pun bisa kita sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Studio musik yang relatif terjangkau harga nya masih banyak kok di wilayah Indonesia Tercinta ini . Berlatihlah di studio musik setidaknya seminggu 1 kali dengan durasi 1 atau 2 jam.

Sekian dulu ya artikel nya, nanti artikel ini akan ada lanjutannya, semoga bisa membawa manfaat bagi kawan drummer semuanya.

 

Ichsan Nugraha

 

 

Tekdung Drum

 

 

Tips Belajar Drum Untuk Pemula (Bagian 1)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>