Tips Belajar Drum Untuk Pemula (Bagian 2)

Halo Kawan Drummer, Selamat Datang di Tekdung.co.id artikel kali ini merupakan bagian kedua dari Tips Belajar Drum Untuk Pemula. Langsung saja saya mulai ya :

  1. Latihan Menggunakan Metronome

Ketika berlatih drum, baik itu latihan sticking ataupun latihan drum beat, fill in, double pedal dan lain sebagainya, selalu gunakanlah metronome. Metronome adalah alat untuk membantu kita melatih menjaga tempo permainan drum, dan seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya, tugas seorang drummer adalah menjaga tempo permainan musik. Oleh karena itulah tentunya sangat penting untuk kita sebagai drummer ketika berlatih selalu gunakan metronome. Nah timbul pertanyaan, bagaimanakah cara bermain atau berlatih drum dengan menggunakan metronome??? Gimana ya cara mengikuti nya? nah jawabannya ada di poin 2

  1. Belajar Nilai Not

Pecahan Nilai Not atau istilah resminya Subdivision, merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari dan dimengerti oleh semua musisi termasuk drummer. Dengan kita memahami nilai not dan mampu memainkannya, otomatis ketika bermain dengan metronome, kita akan mengerti bagaimanakah cara mengikuti metronome tersebut. Karena metronome yang kita setel kecepatannya, misalkan di tempo 100 BPM, bunyi tuk tuk tuk dari metronome itu lah yang kita jadikan patokan untuk memainkan nilai not. Selain itu, setiap drum beat, fill in, blasting, atau pun double pedal yang kita mainkan, semuanya itu memakai nilai not yang menyesuaikan dengan metronome yang kita setel kecepatannya. Lalu kalau misalkan kita tidak mau belajar nilai not dan metronome?? Hasil yang didapatkan adalah tempo permainan drum kita akan kacau balau, tidak stabil dan ketika kita melakukan hal tersebut di dalam band, dipastikan permainan musik bersama band kita tersebut akan terdengar jelek dan teman band kita pun akan kesulitan memainkan instrument nya  dengan benar, dikarenakan tempo permainan yang tidak jelas.

Advertisements
  1. Berlatihlah Dari Tempo Yang Pelan

Seseorang belajar merangkak, berdiri dan berjalan sebelum dia belajar berlari. Hal ini pun juga berlaku di dalam belajar musik termasuk drum. Mulai lah latihan drum dari tempo yang pelan/lambat terlebih dahulu, kuasai terlebih dahulu tempo tersebut, nanti ketika sudah bisa, barulah pelan-pelan kita naikkan tempo nya. Hal ini bertujuan untuk memahami suatu tema pelajaran yang sedang kita pelajari, seperti apakah bentuk atau pola nya, sekaligus membentuk memori otot/muscle memory kita secara bertahap dan juga untuk mencegah terjadi nya cidera pada bagian tangan/kaki kita yang sedang dilatih.

  1. Bersabar dan Terus Belajar

Ketika berlatih, kita akan menghadapi saat-saat menyulitkan yang membuat kita frustrasi, kesal, bosan dan lain sebagainya. Oleh karena itulah kesabaran sangat dibutuhkan dalam mempelajari alat musik termasuk drum, ingatlah jika segala sesuatu yang sedang dipelajari membutuhkan proses yang tidak sebentar. Para Drummer handal pun juga melewati proses latihan yang kita alami, rasa frustrasi, kesal, bosan tentunya mereka alami semua. Dengan kesabaran dan kedisiplinan dalam berlatih lah yang membuat para drummer hebat tersebut bisa mencapai kemampuan yang mereka miliki sekarang, dan jangan pernah cepat puas dengan skill yang sudah didapatkan, teruslah belajar dan berlatih, serap ilmu sebanyak-banyak nya.

Sebagai contoh, maestro drum dunia seperti Neal Peart pun ketika sudah terkenal, sudah menjadi drummer yang handal, tetap saja masih belajar drum lagi loh. Di dalam salah satu DVD nya, beliau menyatakan setelah sekitar 20/30 tahun bermain drum ( maaf saya lupa angka pastinya, yang jelas sudah di atas 10 tahun), pada akhirnya untuk lebih mengembangkan skill drum nya, beliau memutuskan belajar kepada salah satu guru besar drum yang bernama Freddie Gruber.

Hal tersebut di dasari setelah beliau melihat permainan drum dari Steve Smith ( beliau juga maestro drum), om neal sangat terkesan dengan permainan drum nya, dan beliau menyadari jika ada peningkatan skill dari seorang Steve Smith. Om Neal bertanya Om Steve ( mereka emang udah om2 kok bahkan sekarang udah kakek itungannya hehehe) bagaimanakah metode latihan yang dijalani, sehingga bisa menghasilkan permainan drum yang begitu natural dan hebat.

Steve Smith bilang dia belajar dengan Freddie Gruber, dan pada saat itu band nya Neal Peart sedang menyiapkan album baru, dan demi mengembangkan dan mematangkan skill drum nya lebih jauh lagi, beliau memutuskan untuk belajar drum terlebih dahulu dengan Freddie Gruber, dan menunda sejenak proses pembuatan album band nya.

Nah contoh di atas merupakan suatu bukti yang nyata, jika sudah mempunyai skill drum yang hebat sekalipun, jangan pernah cepat puas, tetaplah berlatih dan belajar ya kawan drummer. Teruslah berlatih dan belajar, karena skill kita yang kita dapatkan, harus diasah agar terus berkembang dan tidak mengalami penurunan skill/kemampuan.

 

 

 

Ichsan Nugraha

 

 

 

Tekdung Drum

Artikel Lainnya

Ikuti Kursus Online untuk Belajar Drum dengan mudah di Tekdung Drum School

Sekarang kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat les atau memanggil guru les ke rumah, karena kamu bisa belajar drum kapan saja dan di mana saja.

Ikuti kursus online belajar drum yang disediakan oleh Tekdung Drum School, mulai dari IDR 50 ribu per bulannya.

Tinggalkan Komentar

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Cari artikel

Ikuti Twitter kami

Subscribe ke channel Youtube kami

Play Video

Artikel terbaru

× Hubungi via Whatsapp