Tips Meningkatkan Kecepatan & Akurasi Tangan

Halo Kawan Drummer, selamat datang di tekdung.co.id kali ini saya ingin berbagi tips untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi pada tangan. Kecepatan dan akurasi merupakan  2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena di dalam meningkatkan teknik tangan kita, percuma saja jika kita mampu bermain cepat tapi tidak akurat. Tips untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi pada tangan  adalah :

  1. Teknik Grip/Memegang Stick

Tentukan terlebih dahulu, teknik memegang stick yang seperti apa yang ingin kita pelajari, apakah matched grip dengan metode German Grip, French Grip, American Grip ataupun Traditional Grip. Masing-masing teknik grip tersebut memiliki keunggulan dan keunikan nya masing-masing.

  1. Tentukan Rudiment

Pilih dan tentukan rudiment/pola sticking dasar yang ingin kita pelajari, ada banyak jenis rudiment, diantaranya ada 3 jenis yang populer, yaitu Single Stroke, Double Stroke, dan Paradiddle. Pelajari satu per satu rudiment tersebut, jangan terburu-buru untuk mempelajari nya 3 sekaligus.

  1. Pergunakanlah Metronome

Selalu gunakanlah metronome ketika latihan sticking, dan tentunya wajib memainkannya dengan nilai not, karena  setiap tempo yang dimainkan dengan tepat, selalu memakai nilai not yang menyesuaikan dengan kecepatan tempo tersebut.

  1. Latihan Dari Tempo Pelan/Lambat

Berlatilah dari tempo yang pelan/lambat terlebih dahulu, agar kita memahami pola pukulan yang sedang dipelajari, dan tentunya untuk meningkatkan akurasi. Pengertian akurasi di sini adalah seusai dengan tempo yang dimainkan, pola sticking yang dilatih juga tepat, sekaligus juga melatih control pada stick drum. Karena bermain cepat yang memiliki akurasi yag baik, diawali dengan control stick yang baik. Nantinya setelah terbiasa bermain di tempo lambat, baru kita naikan tempo metronome nya antara 2-5 BPM, jadi misalkan kita sudah terbiasa berlatih di tempo 70 BPM, naikanlah ke 72-75 BPM.

 

  1. Latihan Secara Berulang-ulang

Nah hal ini nih yang paling susah untuk dilakukan. Melatih dengan berulang-ulang merupakan hal yang penting di dalam perkembangan drumming kita. Hal ini berlaku untuk semua aspek di dalam belajar drum. Banyak drummer yang merasakan perkembangan skill nya mandek, tidak naik-naik padahal sudah berlatih dengan metronome, sudah menentukan teknik grip, dimulai dari tempo yang lambat juga, tapi kok gitu-gitu aja ya perkembangannya?? Nah umumnya yang mengalami kejadian seperti itu, dikarenakan tidak displin dalam berlatih, tidak mau melatih suatu tema pelajaran secara berulang-ulang. Baru latihan sebentar, sudah bosan dan langsung pindah ke tema pelajaran berikutnya. Diperparah dengan tidak jelasnya jadwal latihan drum. Latihan drum hanya ketika sedang mood saja, dan alasan-alasan lain nya yang sebenarnya cuma karena MALAS saja.

 

Sekian tips dari saya, sebenarnya masih banyak lagi tips nya tapi 5 dulu saja ya, karena 5 hal di atas jika dilakukan dengan serius, sungguh-sungguh dan disiplin, Insha Allah perkembangan kecepatan dan akurasi pada tangan akan semakin membaik.

 

 

Ichsan Nugraha

 

 

Tekdung Drum

Tips Meningkatkan Kecepatan & Akurasi Tangan

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>